ETIKA BISNIS

Dalam setiap kegiatan, ada aturan tertentu yang harus ditaati, baik aturan tertulis maupun tidak tertulis. Begitu juga di dunia bisnis. Ada etika yang harus diikuti agar bisnis bisa berjalan dengan baik, hal ini biasa disebut dengan etika bisnis. Tanpa etika dalam berbisnis, persaingan antar perusahaan dapat menjadi tidak sehat, konsumen menderita, terjadi pencemaran lingkungan atau menimbulkan praktek monopoli perdagangan. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan apa itu Etika Bisnis, Tujuannya, dan Prinsipnya yang saya dapat dari pertemuan kuliah ke-9 mata kuliah "Etika Profesi" di Universitas Jember.
Apa
itu Etika Bisnis?
Etika bisnis menjadi
poin penting bagi setiap pelaku usaha dalam menjalankan bisnis. Oleh karena
itu, pentingnya kamu mengetahui pengertian etika bisnis dari sejumlah ahli.
Yaitu:
- Menurut Bertens (2000), Menurut
Bertens, etika bisnis itu lebih luas dari pada ketentuan yang diatur oleh
undang-undang. Bahkan etika bisnis merupakan standar yang lebih tinggi
jika dibandingkan dengan standar minimum ketentuan hukum. Karena dalam
kegiatan atau kegiatan bisnis kita sering kali menemukan grey area yang
tidak diatur oleh ketentuan hukum.
- Menurut Hill dan Jones, Menurut
Hill dan Jones, Pengertian Etika Bisnis merupakan ajaran dalam membedakan
antara benar dan salah dalam memberikan bekal kepada setiap pimpinan
perusahaan ketika mempertimbangkan pengambilan keputusan strategis terkait
dengan masalah moral yang kompleks.
- Menurut Sumarni (1998: 21), Pengertian
etika bisnis terkait dengan masalah menilai aktivitas dan perilaku bisnis
yang mengacu pada kebenaran atau kejujuran dalam berbisnis.
- Menurut Sim, Hal ini
terkait dengan kepemimpinan yang efektif dalam suatu organisasi.
- Menurut Velasques, Menurut
Velasques, Pengertian Etika Bisnis merupakan kajian yang bertumpu pada
akhlak yang benar dan salah.
- Menurut Business & Society-Ethics
dan Stakeholder Management, Etika Bisnis adalah disiplin yang
berkaitan dengan baik buruknya suatu tugas dan kewajiban moral dalam
konteks bisnis.
- Menurut Steade et al: Menurut Steade dkk, Etika Bisnis adalah standar etika yang terkait dengan tujuan dan cara pengambilan keputusan bisnis.
Apa sih Tujuan dilakukannya Etika Bisnis?
1. Tujuan Etika Bisnis dalam Tingkat Pribadi
(Personal).
Pada tingkat pribadi, etika bisnis diterapkan dengan tujuan untuk tidak
menyalahgunakan properti orang lain. Selain itu, ini juga bertujuan agar
organisasi atau perusahaan akan menepati janji dalam memperluas manfaat bisnis
mereka kepada masyarakat sekitar dan tidak mencari keuntungan yang instan
dengan melanggar norma-norma dan nilai-nilai yang berlaku.
2.
Tujuan Etika Bisnis dalam Tingkat Kebijakan Internal Organisasi.
Pada tingkatan ini, etika bisnis membantu organisasi atau perusahaan
untuk mempraktikkan bisnis mereka secara adil, terutama dalam berurusan dengan
karyawan dan para pemangku kepentingan lainnya. Selain itu, etika bisnis juga
bertujuan untuk membantu organisasi dan perusahaan dalam memiliki komunikasi yang
terbuka dan lebih baik di semua tingkatan. Dengan komunikasi yang terjalin
dengan baik, para karyawan akan terdorong untuk memberikan produktivitas yang
lebih baik dan mau menjalani segala kebijakan internal yang berlaku.
3. Tujuan
Etika Bisnis dalam Tingkat Sosial.
Tujuan
ketiga dalam etika bisnis adalah membantu organisasi atau perusahaan untuk
memiliki tingkat kepedulian sosial yang tinggi, sehingga ini menjadi perhatian
utama bagi organisasi bisnis. Beberapa contoh dari tujuan etika bisnis ini
seperti, menjaga lingkungan agar tetap bersih, berhati-hati dalam menggunakan
sumber daya alam yang langka dan memastikan kualitas hidup yang lebih baik bagi
masyarakat dan orang-orang penting yang terlibat.
4. Tujuan Etika Bisnis dalam Tingkat Pemangku Kepentingan.
Memiliki serta menerapkan etika bisnis juga bertujuan untuk menjaga hubungan kita dengan para pemangku kepentingan seperti, pemegang saham, pelanggan, pemasok barang, karyawan, bank dan lembaga keuangan, pemerintah dan semua pihak lain yang terhubung dengan organisasi atau perusahaan kita.

- Prinsip Kejujuran
Menjadi dasar penting dalam segala bidang bisnis, baik
itu pengusaha modern maupun pengusaha konvensional. Hal yang terlihat sederhana
ini juga merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam bisnis. Kejujuran
dalam hal ini bukan saja soal harga barang yang ditawarkan, tapi juga mencakup
kegiatan yang berkualitas tinggi dengan harga yang masih masuk akal. Nantinya
dengan kejujuran maka akan menimbulkan loyalitas konsumen
- Prinsip Integritas Moral
Menjaga nama baik perusahaan merupakan suatu
kewajiban, bukan saja bicara soal pencitraan, tapi juga kepercayaan. Dalam hal
ini semua pihak baik pemilik, karyawan, harus tetap menerapkan prinsip
integritas moral ini.
- Prinsip Kesetiaan
Selalu berkaitan dengan proses dalam sebuah bisnis,
mulai dari atas maupun bawah. Kesetiaan dan keseriusan menjadi tolak ukur dalam
bekerja. Tapi jangan lupa juga untuk menjalankan visi dan misi perusahaan.
- Prinsip Otonomi
Terkait dengan kemampuan dan sikap dalam pengambilan
keputusan dan tindakan yang tepat. Selain itu bijaksana dalam mempertimbangkan
juga penting. Terkait hal ini tentunya juga tidak terlepas dari aturan,
tuntutan, situasi dan jenis bisnis. Mengenai prinsip otonomi juga tidak boleh
bertentangan dengan nilai atau norma moral tertentu, karena juga menyangkut
etika bisnis.
- Prinsip Keadilan
Merujuk kepada setiap pihak yang terlibat, dimana
semuanya harus berkontribusi untuk mendukung keberhasilan bisnis secara
langsung maupun tidak. Prinsip ini juga termasuk dalam hubungan internal maupun
hubungan eksternal.
- Prinsip Saling Menguntungkan
Harus dapat memberikan manfaat bagi semua pihak, dan
tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Prinsip inilah yang akaan mengakomodasi
sifat dan tujuan bisnis.
Referensi
https://info.populix.co/articles/etika-bisnis/
Comments
Post a Comment